Kiat-Kiat Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada si Kecil

Kiat-Kiat Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada si Kecil

    Kebutuhan gadget dalam kehidupan sehari-hari memang sangat diperlukan. Apapun yang kita butuhkan selalu ada ketika melakukan pencarian melalui gadget. Mulai dari kebutuhan pangan, sandang, hingga hiburan. Semua tersedia dalam ponsel genggam. Tidak heran jika banyak anak-anak jaman sekarang yang sudah mengenal perangkat ponsel pintar ini. Tidak sedikit orangtua…


 

 

Kebutuhan gadget dalam kehidupan sehari-hari memang sangat diperlukan. Apapun yang kita butuhkan selalu ada ketika melakukan pencarian melalui gadget. Mulai dari kebutuhan pangan, sandang, hingga hiburan. Semua tersedia dalam ponsel genggam.

Tidak heran jika banyak anak-anak jaman sekarang yang sudah mengenal perangkat ponsel pintar ini. Tidak sedikit orangtua yang mengenalkan gadget pada si Kecil sejak usia dini atau sejak masa balita. Bahkan ada sebagian anak yang sudah terobsesi dengan ponsel pintar ini karena terlalu sering bermain gadget.

Boleh-boleh saja orangtua mengenalkan gadget pada anak, terlebih di era terknologi modern. Dengan tujuan agar si Kecil tidak ketinggalan jaman (gaptek) dengan teknologi modern, ingin mengenalkan si Kecil permainan yang modern & edukatif, dan sebagainya.

Namun, tentunya orangtua perlu memikirkan matang-matang tentang resikonya seperti apa jika si Kecil terlalu sering terpapar gadget dan memikirkan kiat-kiat untuk memberi batasan waktu main gadget pada anak. Karena jika hal ini dibiarkan, tentu sangat tidak baik untuk tumbuh kembangnya. Apalagi kalau sudah kecanduan, pasti sulit sekali untuk menghilangkan habit seperti itu.

Hal-hal yang bisa terjadi ketika si Kecil sudah kecanduan gadget seperti menjadi lebih agresif, malas bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, beresiko terganggunya motorik halus si Kecil, dan masih banyak lagi. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada si Kecil, bukan Moms?

 

Baca juga: 6 Dampak Negatif Gadget Bagi si Kecil

 

Kalau si Kecil sudah kecanduan, segeralah cari kiat-kiat atau cara untuk mengatasinya. Jika hal ini terus dibiarkan, sangat beresiko untuk masa depan si Kecil. Sudah sepatutnya kita tahu bahwa anak anak terutama untuk masa prasekolah dan usia dini pastikan lebih banyak menghabiskan waktu bermain dan belajar secara langsung bukannya lewat dari gadget. Berikut ini ada cara untuk mengatasi kecanduan gadget pada si Kecil.

 

1. Ajak si kecil untuk bermain dengan teman sebayanya

Ini sangat penting Moms. Dengan menyuruh si Kecil untuk lebih sering berinteraksi, bermain dengan teman sebayanya bisa membuat anak lupa dengan permainan di gadget. Moms bisa ajak si Kecil main ke lingkungan sekitar rumah pada waktu sore hari atau bisa ajak si Kecil main ke rumah tetangga yang memiliki anak yang seusianya. Aktivitas di luar ruangan tanpa terpapar oleh gadget memberikan efek yang positif untuk tumbuh kembangnya. Karena si Kecil secara langsung bisa bereskplorasi, bermain, melompat, bercanda bersama teman-temannya.

 

2. Berikan batasan waktu untuk pemakaian gadget

Setiap kali anak ingin bermain gadget kesayangannya, pastikan memberikan batasan waktu dan di jam-jam tertentu. Batasan waktu yang boleh diberikan pada anak untuk bermain gadget maksimal 1 jam sehari. Tentu saja dalam hal ini Moms perlu sedikit tegas, guna menghindari si Kecil untuk tidak terlarut dalam permainan yang ada di gadget. Kemudian, pada jam tertentu seperti ketika sedang waktu makan, sedang waktu belajar, sebaiknya si Kecil tidak memainkan gadget pada waktu tersebut.

 

3. Luangkan waktu anda untuk bermain dengan si kecil

Ketahuilah Moms, banyak anak yang menepis rasa kurang perhatian, rasa kesepian dengan cara bermain gadget. Karena saking terlalu asyik dengan permainan-permainan yang menghibur, si Kecil lebih sering terpapar gadget dibanding bercengkerama dengan orang-orang sekitar lalu pada akhirnya menjadi kecanduan. Tentu hal ini tidak mau terjadi pada anak Moms, bukan? Nah, sudah semestinya Moms atau Dads lebih sering meluangkan waktu bersama buah hati Anda. So, jangan terlalu sibuk bekerja atau melakukan aktivitas sendiri ya Moms, Dads karena masa-masa kecil mereka tidak bisa terulang kembali.