Gemuk Bukan Patokan Anak Sehat

Gemuk Bukan Patokan Anak Sehat

Memiliki anak dengan bobot tubuh yang besar memang menggemaskan. Tetapi waspadalah karena sesungguhnya gemuk bukan patokan anak sehat. Memberikan ragam makanan untuk si anak dengan deretan menu sehat memang menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Khususnya ketika buah hati yang masih dalam masa emas dimana tumbuh kembangnya sangat pesat. Tentu…


Memiliki anak dengan bobot tubuh yang besar memang menggemaskan. Tetapi waspadalah karena sesungguhnya gemuk bukan patokan anak sehat.

Memberikan ragam makanan untuk si anak dengan deretan menu sehat memang menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Khususnya ketika buah hati yang masih dalam masa emas dimana tumbuh kembangnya sangat pesat. Tentu saja asupan sehat penting diberikan agar pertumbuhannya sesuai dengan tahapan usianya dan bukan dengan tujuan agar tubuhnya sekadar menjadi besar atau bahkan gemuk.

Ya, gemuk memang kerap dijadikan patokan bahwa anak tersebut lebih sehat. Para orangtua pun berlomba-lomba membuat anak mereka memiliki bobot tubuh yang besar dan tidak sesuai dengan perkembangan di usianya.

Baca juga : Efek Memberikan Vitamin yang Tidak Dibutuhkan Si Kecil

Persepsi yang terlanjur menyebar di masyarakat tersebut cukup menyesatkan. Padahal, anak yang bobot tubuhnya melonjak drastis di tahun pertama justru terancam mengalami obesitas dan mengalami gangguan kesehatan.

Memiliki anak yang gemuk memang sungguh menggemaskan. Tetapi ingatlah bahwa gemuk bukan patokan anak sehat. Bahkan, kegemukan yang dialami anak justru dapat memicu berbagai penyakit.

Kegemukan atau obesitas pada anak diketahui dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan secara keseluruhan. Anak yang menderita obesitas dapat meningkatkan risiko terkena komplikasi gangguan jantung dan pembuluh darah pada usia dewasa.

Tidak hanya itu, obesitas pada anak juga dapat mempengaruhi kematangan tulang. Sementara tulang anak-anak lebih cepat matang, sehingga dengan obesitas yang dimilikinya akan membuatnya tidak berkembang lagi. Akibatnya, dibandingkan anak lainnya, dia juga akan lebih pendek.

Moms tentu tidak mau bukan si kecil mengalami risiko tersebut? So, bijaklah dalam memberikan asupan. Berikan makanan sehat dengan gizi seimbang setiap harinya agar tumbuh kembangnya sesuai tahapan usia mereka serta anak-anak pun terhindar dari gangguan obesitas dan risiko penyakit lainnya. mnb