6 Dampak Negatif Gadget bagi Si Kecil

6 Dampak Negatif Gadget bagi Si Kecil

Tahukah Moms, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ketika si Kecil terlalu berlebihan menggunakan gadget akan akan mengalami kegangguan pada syaraf motorik halus si Kecil terutama saat usianya masih di bawah 12 tahun. Tidak hanya itu, proses perkembangan otak, fisik, dan mentalnya pun akan terhambat karena terlalu sering terpapar gadget. Beberapa peneliti…


Tahukah Moms, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ketika si Kecil terlalu berlebihan menggunakan gadget akan akan mengalami kegangguan pada syaraf motorik halus si Kecil terutama saat usianya masih di bawah 12 tahun. Tidak hanya itu, proses perkembangan otak, fisik, dan mentalnya pun akan terhambat karena terlalu sering terpapar gadget.

Beberapa peneliti menegaskan bahwa pemakaian gadget harus diberikan batasan waktu sesuai usia anak. Salah satunya peneliti dari Amerika yang menyatakan bahwa anak di usia 0-2 tahun tidak boleh terpapar dengan gadget. Untuk usia anak 3-5 tahun diberikan batasan waktu untuk pemakaian gadget hanya satu jam per harinya. Kemudian anak usia 6-18 tahun pemakaian gadget hanya 2 jam per harinya.

Namun, pada kenyataannya ada sebagian orangtua yang justru memfasilitasi gadget sebagai hiburan alternatif untuk si Kecil agar si Kecil tidak rewel atau menangis. Apalagi kalau sampai tidak diberikan batasan waktu. Si Kecil akan beresiko kecanduan dengan gadget dan bisa terhambat proses tumbuh kembangnya.

Nah, berikut ini ada 6 dampak negatif gadget bagi si Kecil jika si Kecil sudah kecanduan dengan gadget.

1. Si Kecil mengalami gangguan/penurunan kualitas tidur

Ketika si Kecil difasilitasi gadget oleh orangtua tanpa ada batasan waktu, si Kecil akan lebih fokus menatap layar karena keasyikan main game, bahkan sampai larut malam. Sudah pasti kualitas tidur siang/malam si Kecil akan terganggu karena otak akan terus dipaksa untuk tetap berkeja tanpa beristirahat sehingga hal ini bisa mempengaruhi nilai akademik di sekolah.

2. Menurunkan kemampuan motorik halus si kecil

Sudah banyak ditemui anak-anak di jaman sekarang yang lebih banyak memegang gadget dibandingkan main di luar rumah bersama teman-temannya. Tidak sedikit loh Moms anak-anak jaman sekarang kesulitan memegang pensil dan membuat lingkaran dengan benar karena otot-otot jari si Kecil kurang terlatih. Hal ini disebabkan si Kecil terlalu lama menggunakan gadget sehingga syaraf motorik halusnya ikut terkena dampak.

3. Mempengaruhi kesehatan fisik si kecil

Ketika si kecil memakai gadget untuk bermain, posisi kepala pasti akan ke bawah menatap layar gadget. Kemudian si Kecil juga jarang bergerak karena terlalu fokus dengan gadgetnya. Kalau ini dibiarkan terlalu lama dampaknya sangat bahaya loh Moms untuk kesehatan fisik si Kecil seperti terhambatnya proses tumbuh kembangnya. Postur tubuh si Kecil beresiko menjadi bungkuk karena beban leher dan tulang belakang terlalu sering menopang beban kepala.

4. Si kecil menjadi malas bersosialisasi dengan sekitar

Kecanduan gadget juga mempengaruhi kemampuan sosialisasi si Kecil. Permainan yang ada di gadget tidak memberikan feedback, hanya satu arah sehingga tidak ada komunikasi saat si Kecil bermain gadget. Hal ini akan berdampak buruk untuk kemampuan litrasi dan komunikasi si Kecil untuk di masa yang akan datang.

5. Ancaman Radiasi

Banyak peneliti mengungkapkan bahwa anak usia di bawah 12 tahun sebaiknya tidak terpapar layar gadget. Perkembangan otak dan sistem imun si Kecil lebih cepat berkembang sehingga resiko terkena radiasi dari gadget sangat besar sehingga menyebabkan fungsi otak dan saraf pusat jadi terganggu.

6. Mempengaruhi emosional si kecil

Anak jaman sekarang sudah sangat cerdas dalam mengakses berbagai tayangan yang ada di gadget melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia di gadget. Jika si Kecil tidak diberikan batasan dan tanpa didampingi orangtua, si kecil beresiko melihat tayangan atau konten negatif sehingga bisa menyebabkan si Kecil jadi agresif. Tidak hanya itu, si Kecil akan mudah marah jika gadget kesayangannya direbut atau diambil.